Tawarkan IPO dengan harga Rp. 500 - 620, PT. Dharma Polimetal Siap Meluncur di Bursa - Trading Saham
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tawarkan IPO dengan harga Rp. 500 - 620, PT. Dharma Polimetal Siap Meluncur di Bursa

PT Dharma Polimetal Tbk. atau Dharma Grup melangsungkan penawaran umum pertama (initial public offering/IPO) saham dengan melepaskan optimal 705,88 juta saham atau sama dengan 15 % dari modal ditaruh dan disetorkan perseroan sesudah IPO. 

Berdasar prospektus di Harian Bisnis Indonesia, Jumat (19/11/2021) perusahaan yang bergerak dalam usaha elemen otomotif ini tawarkan harga IPO pada range Rp500-Rp620. Akhirnya perseroan mengincar dana fresh sekitaran Rp352,94 miliar sampai Rp437,64 miliar. "Jika terjadi kelebihan pemesanan pada pendistribusian terkonsentrasi, perseroan akan keluarkan optimal 125.000.000 sebagai wakil sebanyaknya 2,59 % dari modal ditaruh dan disetorkan penuh sesudah IPO dengan anggapan ada penerbitan saham tambahan karena kelebihan pemesanan pada pendistribusian terkonsentrasi," catat management pada prospektus.

Bertepatan dengan IPO, Perseroan melangsungkan program Peruntukan Saham Pegawai (Employee Stock Allocation/ESA) optimal 70,58 juta saham atau 10 % dari jumlahnya saham yang dijajakan dalam IPO.

Calon emiten yang hendak memperoleh code saham DRMA ini merencanakan mempernyerap 70 % dana IPO untuk berbelanja modal, terhitung pembangunan pabrik baru di tempat 0,48 hektar pada tempat perseroan di Cikarang, Jawa Barat. Dharma Grup pasti akan mempernyerap 16 % dana IPO untuk tambahan modal ke anak usaha, yakni PT Dharma Precision Parts dan PT Dharma Controlcable Indonesia.

Tidak lupa, sekitar 9% dana IPO akan dipakai untuk tambahan pemilikan perseroan pada PT Dharma Poliplast lewat pembelian saham dari Thio Yudi Suherman optimal sebesar 44 persen. Sekarang ini pemilikan perseroan pada anak usaha itu sekitaran 55 % dan bisa menjadi 99 persen.

Sebagai info, Dharma Grup berdiri semenjak 1989, beroperasi di sektor usaha elemen otomotif untuk sepeda,  mobil dan motor. Dharma Grup sudah jadi sisi dari mata rantai suplai otomotif terpadu dengan beberapa produk suku cadang dan elemen yang inovatif dan berkualitas sesuai standard pabrikasi kelas dunia. Sebagai salah satunya anak perusahaan dari Triputra Grup, perseroan memiliki background management yang eksper di industri otomotif nasional. Adapun PT CIMB Niaga Sekuritas dan PT Sucor Sekuritas jadi penjamin eksekutor emisi IPO dari saham Dharma Grup.



Posting Komentar untuk "Tawarkan IPO dengan harga Rp. 500 - 620, PT. Dharma Polimetal Siap Meluncur di Bursa"